Catatan Pertama; Kenapa Harus Beli Domain?

Bismillah, Walhamdulillah...

Akhirnya, kejadian juga punya domain sendiri. Bukan untuk gaya-gayaan! Sebenarnya tidak ada alasan yang benar-benar mendorong saya untuk akhirnya memilih menggunakan (membeli) sebuah domain, kecuali sebagai pendorong atau penyemangat menulis.Karena memang terkadang semangat itu baru muncul setelah adanya "pengorbanan". 

Yah, ada banyak cara untuk menggerakkan semangat dalam berusaha dan berkarya. Diantaranya; Pertama, dengan mengetahui dan mengingat-ingat apa yang "diperoleh" ketika berkarya. Cara ini lebih cocok bagi orang-orang yang fokus, terencana dan mudah berorientasi pada hasil. Kedua, dengan berkorban terlebih dahulu, sehingga pengorbanan tersebut akan menumbuhkan kecintaan dan membangkitkan semangat dalam berkarya. Cara ini justru lebih ampuh bagi orang-orang yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan (keadaan) dan menyukai tantangan. Agaknya untuk tipe saya cara kedua lebih cocok dan (mungkin) lebih ampuh untuk membangkitkan semangat dalam menulis.  

Sekali lagi sama sekali bukan untuk gaya-gayaan. Karena apalah artinya sebuah website tanpa ada tulisan (berguna) di dalamnya. Seperti sebuah buku; yang dilihat dan dinilai bukan pada keindahan bentuknya, tapi kandungan isinya! Bahkan buku yang lusuh sekalipun akan banyak dicari bila mengandung informasi dan ilmu yang bermanfaat di dalamnya.

Kembali lagi dengan alasan memiliki domain sendiri, walaupun ada yang mengatakan bahwa dengan punya domain sendiri maka akan banyak keuntungan yang didapat seperti memiliki peringkat blog sendiri, peluang monetasi blog lebih besar, blog terlihat lebih profesional, membangun kredibilitas, atau bahkan mudah membangun merek usaha/niche. Tapi bagi saya keuntungan yang (setidaknya untuk saat ini dan mudah-mudah untuk seterusnya) saya rasakan adalah saya lebih punya alasan dan 'pendorong' untuk menulis.

Maka bila ada yang "Apa yang didapatkan setelah membeli sebuah domain?", maka jawaban saya adalah "Semangat untuk menulis". Atau bila ada yang bertanya "Kenapa harus beli domain sendiri?", jawaban saya adalah "Agar lebih punya alasan untuk berkarya melalui tulisan". :)

Comments